Pengenalan HTML untuk pemula - PenyairCoding (Bergerak & Kemudian Terjadi)
Latest Post
Tunggu...

Selasa, 22 Oktober 2019

Pengenalan HTML untuk pemula

Apa itu HTML, bagaimana cara kerja HTML?

Kita bahas satu persatu disini.
Yang kami kutip dari wiki HTML adalah Hypertext Markup Language sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Lalu bagaimana cara kerja dari HTML? File HTML adalah file yang diakhiri dengan extensi .html atau .htm. Extensi ini dapat dilihat dengan menggunakan web browser seperti Mozila, Chrome, Safari, Opera dan IE. Yang harus kita ingat HTML bukanlah bahasa pemrograman, dan itu berarti HTML tidak punya kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis. Sebagai gantinya, HTML memungkinkan user untuk mengorganisir dan memformat dokumen, kurang lebihnya sama seperti Microsoft Word. Berdasarkan cara kerja HTML, sobat bisa menggunakannya untuk membuat struktur konten pada website dan aplikasi web. HTML merupakan level terendah dari teknologi frontend dan berfungsi sebagai dasar styling yang bisa sobat tambahkan dengan CSS.

Perkembangan HTML.
HTML Versi 1.0 merupakan yang pertama atau bisa disebut sang pionir, yang di dalamnya masih terdapat banyak sekali kelemahan. Hingga wajar jika tampilan yang dihasilkan sangat sederhana. Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain adalah heading, paragraf, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan teks di sekelilingnya (wraping).

HTML Versi 2.0 Pada HTML Versi ini, penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran dan kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan awal mula dari adanya web interaktif.

HTML Versi 3.0 Versi HTML 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti FIGURE yang merupakan perkembangan dari IMAGE untuk meletakkan gambar dan tabel. Selain itu, HTML ini juga mendukung adanya rumus-rumus matematika dalam dokumennya. Versi ini yang disebut HTML+- tidak bertahan lama dan segera digantikan dengan versi 3.2.

HTML Versi 3.2 HTML versi ini merupakan HTML yang sering digunakan. Di dalamnya terdapat suatu teknologi untuk meletakkan teks di sekeliling gambar, gambar sebagai latar belakang, tabel, frame, style sheet dan lain-lain.

HTML Versi 4.0 HTML ini memuat banyak perubahan dan revisi dari pendahulunya yaitu HTML 3.2. Perubahan ini hampir terjadi hampir di segala perintah HTML seperti tabel, image, link, text, meta, imagemaps, form dan lain-lain.

HTML Versi 4.1 merupakan revisi dari HTML 4.0. Versi terbaru ini memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil pada versi terdahulunya. HTML 4.1 ini juga menjadi standarisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

HTML Versi 5.0 Teknologi ini mulai diluncurkan pada tahun 2009, tetapi pada tanggal 4 Maret 2010 terdapat sebuah informasi bahwa W3C (World Wide Web Consortium) dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu sebuah organisasi yang menangani HTML sejak versi 2.0 telah mengmbangkan versi HTML terbaru, yaitu versi 5.0. HTML 5 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS dan JavaScript.

Lantas bagaimana cara membuat suatu file berformat HTML? Sebelum membuat file dengan extensi HTML, sobat harus berkenalan dulu dengan elemen yang terdapat pada HTML untuk memudahkan sobat dalam mempelajari HTML. Silahkan buka link ini  Mengenal Tag, Element, Atribut HTML .
Sekarang sobat bisa membuka notepad, kemudian ketik atau copy-paste code HTML dibawah, kemudian save dengan nama index.html .
<html>
     <head>
          <meta charset="utf-8">
          <title>Belajar HTML</title>
     </head>
     <body>
          <p>Halaman pertama belajar HTML</p>
     </body>
</html>
Setelah disave maka code diatas otomatis menjadi file dengan index .html seperti gambar dibawah ini.
Ini adalah hasil ketika kita save code di atas dengan extensi .html. Kenapa menjadi tampilan Chrome? Chrome merupakan web browser default pada komputer ini disaat kami membuat tutorial ini. Apakah bisa otomatis menjadi tampilan mozila atau yang lainnya? Tentu saja bisa.

Oke sekarang cukup klik 2 kali hasil save dengan extensi .html tadi, maka hasilnya anda bisa lihat sendiri. Tutorial ini merupakan dasar dari cara membuat suatu website. Di kesempatan lain kita akan membuat tutorial yang lebih menarik, semoga tutorial ini bermanfaat, terus belajar and good luck ..

    Choose :
  • OR
    To comment
Tidak ada komentar:
Write comments