Mengenal Bahasa Pemrograman PHP - PenyairCoding (Bergerak & Kemudian Terjadi)
Latest Post
Tunggu...

Sabtu, 26 Oktober 2019

Mengenal Bahasa Pemrograman PHP

Apa itu PHP? Apa fungsi PHP? Yuk simak.

PHP atau panjangnya Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. Kemudahan dan kepopuleran PHP sudah menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia. Menurut wikipedia pada februari 2014, sekitar 82% dari web server di dunia menggunakan PHP. PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS (Content Management System) populer seperti Joomla, Drupal, dan juga WordPress.
Fungsi PHP dalam pemrograman berbasis web.
Pemrograman PHPUntuk membuat halaman web, sebenarnya PHP bukanlah bahasa pemrograman yang terbilang wajib digunakan. Kita bisa saja membuat website hanya menggunakan HTML saja (tapi hanya dalam bentuk halaman tanpa fungsi). PHP secara dasar berfungsi untuk menampikan data dari database kemudian ditampilkan dengan menggunakan web browser yang sebelumnya telah dibungkus oleh HTML. Web yang menarik dapat dihasilkan dengan HTML dan CSS dan dikenal dengan website statis, dimana konten dan halaman web bersifat tetap.
Bagaimana cara membuat file yang berekstensi PHP dan apa perbedaannya dengan HTML?
Sebagai contoh penggunaan PHP, mudahnya seperti ini, contoh kita ingin membuat list dari nomor 1 hingga nomor 5. Dengan menggunakan HTML murni, kita bisa membuatnya secara manual seperti code berikut ini.
<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
      <title>Contoh membuat list dengan HTML</title>
   </head>
<body>
<h1>Belajar HTML</h1>
   <ul>
      <li>List ke-1</li>
      <li>List ke-2</li>
      <li>List ke-3</li>
      <li>List ke-4</li>
      <li>List ke-5</li>
   </ul>
</body>
</html>
Ketika kita mencoba membuat code di atas maka hasil nya seperti gambar dibawah berikut.
Gambar diatas merupakan contoh menggunakan HTML murni.
Halaman HTML tersebut dapat dibuat dengan mudah dengan cara copy-paste tag <li> sebanyak 5 kali dan mengubah sedikit angka-angka pada nomor urut di belakangnya. Namun jika yang kita inginkan adalah menambahkan list tersebut menjadi 50 atau 5000 list, cara copy-paste tersebut menjadi tidak efektif. Jika sobat menggunakan PHP, kita tinggal membuat perulangan for sebanyak 5000 kali dengan perintah yang lebih singkat seperti berikut ini.
<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
      <title>Contoh list dengan PHP</title>
   </head>
<body>
<h1>Belajar PHP</h1>
   <ul>
      <?php
      for ($i= 1; $i <= 5000; $i++) 
         {
            echo "<li>list ke-$i</li>";
         }
      ?>
   </ul
</body>
</html>
Simpan file diatas dengan nama index.php kemudian save di web server kalian (Apache, XAMPP) buat folder baru dengan nama belajarcoding kemudian save file didalam folder tersebut. Apa itu Web Server? Baca disini .
Maka hasil dari code diatas menjadi seperti gambar dibawah ini.
Pemrograman PHP
Gambar diatas merupakan contoh menggunakan PHP.

PHP tidak hanya dapat melakukan pengulangan tersebut, masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan dengan PHP, seperti menginput data ke database, menghasilkan gambar, menkonversi halaman text menjadi PDF, management cookie dan session.

Sekian pembahasan tentang bahasa pemorgraman PHP, semangat terus untuk belajar and good luck ..

    Choose :
  • OR
    To comment
Tidak ada komentar:
Write comments